Google Tag Manager (GTM) – Layanan Google baru lainnya diluncurkan. Yang ini disebut Google Tag manager. Layanan ini baru saja diluncurkan oleh Google pada bulan Oktober. Pertanyaannya kemudian, apa manfaat dari google tag manager untuk internet marketer dan bisnis internet seperti kita?
Mari kita lihat lebih jauh … Sebelum masuk ke dalam kegunaan Google Tag Manager, ketahuilah mengapa Google meluncurkan layanan ini. Asal usulnya seperti ini…
Daftar Isi :
Apa itu Google Tag Manager?
Sebelum saya menjelaskan apa yang GTM lebih dalam, Anda harus mengubah pola pikir Anda terlebih dahulu. Tag yang dimaksud di sini bukanlah Tag yang terkandung di Blogger atau WordPress, melainkan tag yang biasanya diberikan oleh Google atau pihak ketiga lainnya untuk dilampirkan ke situs web HTML.
Google Tag Manager adalah produk yang dirilis oleh Google pada tahun 2013 yang bertujuan untuk memfasilitasi tim pemasaran suatu perusahaan dalam mengelola produk Google yang digunakan dan produk pihak ketiga lainnya dalam satu akun. Google Pengelola Tag sangat baik untuk perusahaan daring dan perusahaan komersial lainnya untuk melacak aktivitas klik pengguna.
Dulunya situs web atau situs web tidak serumit seperti sekarang. Untuk waktu yang lama, seiring dengan meningkatnya teknologi internet dan kebutuhan akan sebuah situs, semakin banyak kode yang dimasukkan ke dalam web. “Jeroan” yang lebih padat dari situs web kami dapat menambah masalah. Mulai dari akses situs, yang melambat hingga akurasi pengukuran salah jika Anda salah menempatkan tag.
Karenanya Google Pengelola Tag diluncurkan.
Yang dimaksud dengan tag di sini adalah kode situs web yang dimasukkan ke situs kami untuk mendapatkan informasi tertentu. Jadi misalnya, tag untuk mengukur konversi, tag untuk analisis web, dan tag lainnya.
Google Tag Manager mungkin bukan tabu lagi bagi mereka yang mengejar dunia pemasaran digital atau perusahaan penjualan online. Karena Google Tag Manager adalah salah satu produk Google yang digunakan untuk memfasilitasi analisis pemasaran perusahaan untuk mengelola semua produk Google atau produk pihak ketiga lainnya, katakanlah Facebook Ads.
Jujur, saya sendiri baru mengenal Google Pengelola Tag hari ini sebelum menulis artikel ini. Baru saja mendengar bahwa ada juga produk Google seperti ini. Karena rasa ingin tahu saya, saya mencoba belajar tentang Google Pengelola Tag untuk menerapkannya sendiri dan membaginya dengan orang lain sehingga saya juga dapat menggunakan Pengelola Tag Google.
Anda bisa memperlajari mengenai google tag dengan membaca artikel ini dan artikel lainnya yang berhubungan dengan Google Tag Manager.
Oke, mari kita pelajari lebih lanjut tentang Google Pengelola Tag
Mengapa Google Pengelola Tag?
Sederhana. Google Pengelola Tag meningkatkan tingkat kemampuan Anda untuk melacak.
Setelah Anda tahu caranya, GTM memudahkan Anda menempatkan piksel dan melacak skrip di situs web.
Anda akan dapat sepenuhnya menyesuaikan data yang akan dilaporkan ke Google Analytics (sehingga Anda bisa mendapatkan wawasan yang lebih baik).
Seperti alat baru, ada kurva belajar. Tapi tenang saja, semua investasi pembelajaran Anda akan terbayar dengan kemampuan GTM untuk menghemat waktu saat dipraktikkan.
Manfaat Google Pengelola Tag:
- Mempercepat akses situs web.
- Membuat tagging lebih mudah. Anda bisa menambahkan atau mengubah tags dengan mudah. Cukup dengan beberapa klik.
- Mudah memonitor kondisi kode yang anda masukkan. Apakah ada yang error atau tidak.
Nah demikianlah pembahasan singkat mengenai Google Tag Manager. Jika anda masih mengalami bingung atau belum faham, anda sebaiknya mencari mentor atau mengikuti kelas pelatihan Google Tag Manager atau Google Ads. Kami merekomendasikan untuk mengikuti kelas Google Ads di JDC yang beralamat di Jalan Sanggrahan no 25, Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Selain itu anda bisa menghubungi kami dengan klik link https://jdc.co.id/admin/ untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Kenapa harus memilih JDC? Karena di JDC akan diajari oleh mentor-mentor yang merupakan praktisi dalam digital marketing dan sudah berpengalaman dan terbukti berhasil dalam memanfaatkan google tag manager dan strategi lainnya. Kami tunggu kedatangan Anda.