JDC – Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, Jogja Digital Clinic (JDC) terus berupaya untuk mengembangkan berbagai potensi perusahaannya melalui manajemen personalia yang optimal. Sama halnya dengan kebanyakan perusahaan lainnya, JDC juga tentu menemukan tantangan besar dalam menjaga kestabilan kinerja karyawannya. Oleh karena itu, JDC kerap kali melakukan kegiatan – kegiatan di luar kantor untuk para karyawannya.
Kali ini, JDC mengadakan acara kebersamaan bersama dengan para karyawan di Pojok Kopi. Tempat ini berlokasi di daerah yang asri, tenang dan juga kondusif untuk acara kebersamaan dalam bentuk apapun. Acara ini sengaja dimulai sejak pagi hingga siang hari dengan tujuan untuk memaksimalkan berlangsungnya acara kebersamaan yang akan diselenggarakan.
Acara dibuka dengan obrolan santai dengan perwakilan karyawan yang ditunjuk maju untuk menyampaikan beberapa kesan dan pesannya untuk JDC. Cukup banyak pesan dan kesan menarik yang disampaikan oleh para karyawan pada saat sesi ini berlangsung. Salah satu kesan menarik yang disampaikan karyawan JDC yaitu menjadi sosok ‘saya yang sebenarnya’ di lingkungan kerja JDC. Kesan yang disampaikan ini menjadi salah satu indikator bahwa ada kenyamanan yang dirasakan oleh rekan – rekan karyawan terhadap lingkungan kerjanya yang ada di JDC.
Aspek rasa nyaman yang dimiliki karyawan menjadi sebuah hal yang sangat diperlukan setiap perusahaan. Alasannya, cukup sederhana. Pekerjaan kantoran merupakan pekerjaan yang nampak sederhana, namun sangat rentan dengan titik jenuh para pelakunya. Jobdesk yang sama dari waktu ke waktu akan membuat orang yang mengerjakan pun merasa jenuh. Ketika seorang pekerja sudah mencapai titik jenuhnya, maka ini jadi sebuah alarm yang sangat perlu diperhatikan oleh para petinggi perusahaan.
Alasan besar itu kemudian menjadi latar belakang utama JDC menyelenggarakan acara – acara rutin di luar kantor. Acara yang diselenggarakan pun bervariasi, karena kultur kerja di kantor JDC sendiri cukup santai jadi acara semacam ini pun terkesan ringan namun tetap berkesan.
Acara pembuka yang berisi materi tentang strategi pencapaian tujuan tim sampai dengan games berlangsung dengan meriah dan juga asyik. Tentu tidak ketinggalan ada beberapa tingkah lucu dan konyol yang datang dari semua karyawan yang ikut andil di dalamnya. Acara ini menjadi sebuah momen emas dimana orang luar JDC bisa menyaksikan secara langsung kesolidan dan juga keakraban yang diciptakan orang – orang di dalamnya. Tidak ada sekat yang berarti diantara karyawan – karyawan yang hadir. Tanpa menanggalkan norma agama dan etika sosial yang ada, JDC mampu menunjukkan bahwa sebuah tim dapat dibentuk dengan cara sederhana. Kesederhanaan, kesamaan visi, perbedaan, canda tawa, impian, dan juga segala hal yang masing – masing individu miliki berhasil disatukan menjadi sebuah perpaduan yang harmonis.
Sama halnya dengan perusahaan lain yang juga memiliki beberapa divisi dengan leader di dalamnya, JDC pun memiliki manajerial struktur kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan layanan yang telah disediakan. Keberhasilan yang dapat dicapai oleh masing – masing divisi yang ada di dalam tim JDC ini ditentukan peran penting sosok leader dibalik timnya. Pengaruh leader akan sangat berdampak pada efisiensi dan efektivitas kerja tim yang ada di bawah naungannya. Namun, JDC tidak sekedar melimpahkan ketugasan leader secara formal saja. JDC berupaya untuk membentuk skill leadership yang matang untuk setiap leader yang ada di dalam timnya. Skill leadership ini tidak hanya sebatas kemampuan leader dalam menyampaikan jobdesk kepada setiap staffnya, namun juga keterampilan yang unggul agar siap dalam menghadapi dinamika perusahaan dan tim yang ada di dalam perusahaan. Kemampuan dalam mengelola dan menciptakan suasana yang kondusif untuk rekan tim juga menjadi sebuah hal yang menjadi tugas utama seorang leader tiap divisi di JDC.
Berikut ini adalah rekaman kemeriahan acara kebersamaan JDC :