Tips Mudah Membuat Copywriting di Facebook Ads

Sudah lama main facebook? Biasanya Facebook Anda gunakan untuk apa saja? Bagi kawan-kawan penjual online pasti juga tak luput menjadikan Facebook sebagai salah satu tempat untuk berjualan bukan?hehe..

Konsep main facebook ini sebetulnya gampang-gampang susah, gampang kalau sudah paham ilmunya dan susah kalau tidak tahu ilmunya dan tidak mau mencari tahu ilmu berjualan di Facebook yang benar itu seperti apa.

Nah, ngomong-ngomong tentang facebook saya sering menjumpai hal-hal yang sifatnya sederhana namun sangat berpengaruh untuk hasil penjualan di Facebook. Iya, hal tersebut bernama Copywriting.

Mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar istilah Copywriting. Lalu, apa sih copywriting itu?

Copywriting biasanya lebih dikenal dengan istilah Bahasa iklan. Tujuan dari Copywriting ini untuk menghasilkan tulisan yang menarik sehingga pembaca atau calon pembeli berminat melakukan transaksi pembelian.

Dalam dunia online maka copywriting bisa menjadi sarana kita berkomunikasi dengan calon pembeli kita, terutama ketika kita sedang menyampaikan poin-poin edukasi terkait produk atau jasa yang kita jual. Beda halnya ketika kita bisa bertatap muka dengan calon pembeli dimana dengan kecakapan verbal kita bisa mempengaruhi mereka.

Oleh sebab itu, mempelajari ilmu copywriting ini sangat penting baik bagi pebisnis pemula maupun bagi pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya ke level yang lebih jauh lagi (baca: scale up). Terlebih bagi para kawan-kawan internet marketer, tentu saja copywriting sangatlah penting, terutama saat melakukan promosi mengenai produk atau jasa yang ingin diiklankan melalui Facebook Ads (Iklan FB Berbayar).

Namun, menurut pengalaman yang sudah pernah saya temui rata-rata orang hanya membuat promosi asal-asalan mengenai produknya. Asal disini bukan berarti informasi tidak benar ya? Tetapi informasi yang disampaikan kurang detail atau lebih terkesan seadanya.

Contohnya ada beberapa orang yang hanya mencantumkan nomor HP saja tanpa menjelaskan produk apa yang dipasarkan, atau mereka hanya menjelaskan nama produk dan kelebihannya saja tanpa mencantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan.

Mungkin ini sedikit ambigu ya? Tapi nyatanya memang masih banyak yang melakukan itu. Apalagi mereka yang baru mencoba untuk berjualan online dan baru memulai menggunakan Facebook Ads.

Dalam mempromosikan produk melalui Facebook Ads, Copywriting ini sangat berpengaruh dengan hasil yang akan didapatkan.

Misalnya:
Ketertarikan konsumen saat melihat iklan kita di Facebook, atau pemaksimalan jalannya iklan agar orang yang dijangkau pun lebih banyak setiap harinya, dan konsumen mendapatkan informasi mengenai produk dengan jelas. Nah, Sebenarnya ada beberapa tips nih dalam membuat Copywriting iklan Facebook agar berhasil. Tips ini yang akan membuat copywriting terlihat lebih menarik dan lebih detail.

Apa sajakah tipsnya??

Simak baik-baik ya… Ada beberapa hal yang harus ada dalam membuat copywriting, okay ini dia tipsnya:

1. Copywriting harus memuat Headline

Apa itu headline? Mudahnya headline ini berisi tentang Nama barang/jasa, Kelebihan Utama.

Misalkan:
Mau terlihat menarik dengan pashmina tapi males ribet? Kini hadir hijab pashmina instan, tanpa jarum pentul dan tanpa ribet-ribet lagi.

2. Copywriting harus memuat Body

Apa itu Body? Untuk body biasanya mencakup beberapa hal, yaitu: detail dari produk (ukuran, manfaat, harga, warna, dan lain sebagainya).

Misalkan:
Tersedia berbagai macam warna : Merah, Hitam, Peach, Hijau, Lavender, Tosca, Navy, Abu. Hanya dengan Rp.35.000,- bisa langsung tampil menarik tanpa ribet-ribet lagi. Dan jangan takut nerawang ya sis? Karena bahannya tebal tapi tidak gerah.

3. Copywriting harus memuat Extra

Extra ini merupakan servis tambahan atau benefit lainnya. Misalnya garansi uang kembali atau gratis servis selama 1 bulan.

Misalkan:
Dapatkan potongan 5.000 dengan pembelian minimal 3pcs, dan GRATIS ONGKIR dengan pembelian lebih dari 5pcs.

4. Copywriting harus memuat Closing.

Closing harus mencakup call to action, kontak, dan lokasi (jika ada toko offline).

Misalkan:
Untuk informasi lebih lanjut bisa Whatsapp ke 08569494xxx dengan format: Mau Order Buku Bisnis_Nama_Jumlah_Alamat. Atau bisa langsung kunjungin toko kami di Mampang Residence, Jl. xxxx.

Gampang kan?? ^_^

Mudah dan Pembaca (baca: audience) Anda pun mampu menangkap informasi lebih detail dari iklan teman-teman.

Mungkin sekian dulu materi untuk Tips Membuat Copywriting Iklan yang berhasil yang bisa Anda coba.

Yuk mulai praktik dan berlatih menggunakan copywriting yang menarik dalam setiap promosi produk Anda di online. Dan lakukan pula tes dan ukur jenis copywriting mana yang paling sesuai dengan target market yang Anda tuju.

Semoga bermanfaat dan semangat meraih target omsetnya ya kawan-kawan ^_^

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel-artikel di blog Rujukan Digital Marketing, apabila Anda menemui ada artikel yang menurut Anda bermanfaat maka jangan sungkan-sungkan untuk SHARE ke sosial media Anda ya 😀