Daftar Isi :
Apa Itu Pixel Facebook
Apa itu pixel? Bagi yang belum tahu pasti mengira bahwa pixel yang ada pada gambar atau monitor, padahal bukan itu. Pixel adalah sebuah kode javascript yang ditaruh pada sebuah laman situs dengan tujuan untuk merekam informasi secara lengkap dari pengunjung yang datang pada situs kita. Pixel ini adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh sosial media besutan Facebook.
Cara Kerja Pixel Facebook
Facebook pixel mempunyai cara kerja yang sama layaknya seperti kode situs stats counter dan tracker online lainnya, semisal Histats, Google Analytics, Sitemeter dan lain sejenisnya. Bedanya, pada Facebook Pixel digunakan tak hanya untuk mencatat information kunjungan semata seperti tracker online, melainkan sebagai bahan didalam membuat situs custom audience yang sesuai dengan minat pengunjung, pixel menjadi salah satu model audience yang paling powerful di Facebook Ads.
Ketika pixel telah terpasang sempurna di di dalam situs Anda, pixel bakal melakukan tracking dengan melakukan pencatatan tiap-tiap hal yang masuk & berjalan di di dalam situs Anda. Setiap ada trafik yang masuk, bakal direkam oleh pixel secara lengkap. Ada beberapa hal yang dicatat oleh pixel yang bisa anda ketahui seperti data dibawah ini:
- Who : Jenis Kelamin, Umur
- Where (from) : Negara, Kota
- When : Jam, Hari, Bulan
- What : Halaman yang diakses, kegiatan yang dilakuan (view content, add to cart, purchase?)
- How : Mobile, Desktop
Kenapa Harus Menggunakan Pixel Facebook
Dengan meletakkan Facebook Pixel pada sebuah laman website, maka anda tidak akan menyia-nyiakan tiap kunjungan yang datang. Setiap visitor yang masuk ke website, baik lewat traffic organik maupun iklan (termasuk Facebook ads) bakal direcord dan dihimpun jadi audience khusus yang memiliki data lengkap.
Audience yang sudah didapatkan selanjutnya bisa disebut ‘khusus’ sebab mereka pernah datang ke laman website/landingpage yang kami miliki. Artinya, orang-orang tersebut minimal mempunyai minat dan ketertarikan dengan konten yang kami miliki, dibandingkan model audience lainnya yang dipilih secara acak sehingga tidak bisa sebagus menggunakan data hasil dari pixel.
Selain itu, mereka terhitung sudah mengenal kita, ibarat seseorang yang mampir ke rumah Anda dan sempat melihat-lihat isinya, mereka paling tidak akan ingatlah dengan Anda. Dan mereka yang kenal, sudah tahu, lebih-lebih sudah percaya, orang-orang model inilah yang paling barangkali berpeluang besar untuk melakukan transaksi dengan Anda, baik jual-beli, bisnis, atau yang lainnya.
Jadi, membuat sebuah laman web/landingpage tanpa menggunakan Facebook pixel di dalamnya, itu sama layaknya membuang-buang uang yang ada didepan mata.
Nah demikianlah pembahasan mengenai pixel pada facebook. Jika anda masih mengalami bingung atau belum faham, anda sebaiknya mencari mentor atau mengikuti kelas pelatihan facebook pixel atau facebook ads. Kami merekomendasikan untuk mengikuti kelas Facebook Ads JDC yang beralamat di Jalan Sanggrahan no 25, Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Selain itu anda bisa menghubungi kami dengan klik link https://jdc.co.id/admin/ untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Kenapa memilih JDC? Karena di JDC akan diajari oleh mentor-mentor yang merupakan praktisi dalam digital marketing dan sudah berpengalaman dan terbukti berhasil dalam menjalankan pixel facebook dan strategi lainnya. Kami tunggu kedatangan Anda.