Cara Meningkatkan Occupancy Hotel

Anda sedang menjalankan sebuah bisnis penginapan atau hotel? Masih memikirkan cara meningkatkan occupancy hotel dengan cara yang efektif.

Sejak bermunculan aplikasi – aplikasi modern yang menawarkan berbagai jenis kemudahan akses untuk para pelancong ataupun para wisatawan, para pelaku bisnis hotel jadi lebih mudah untuk menjalankan bisnisnya di berbagai daerah. Karena pengunjung hotel tidak lagi perlu kesulitan untuk memesan dan mencari tempat penginapan. Meskipun demikian, Anda juga perlu untuk mempersiapkan teknik occupancy yang tepat dan sesuai untuk bisni Anda tersebut.

Occupancy Hotel

Secara bahasa, accupancy hotel merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kamar terjual dengan jumlah kamar yang dapat dijual. Untuk para pelaku bisnis sendiri sudah jadi hal yang wajar jika mengukur keberhasilan dengan accupancy yang didapatkan. Semakin besar accupancy ratio yang diperoleh oleh hotel, maka semakin baik pula stabilitas bisnis hotel yang sedang dijalankan.

Untuk dapat menghitung occupancy hotel ini, maka kamar hotel dijadikan sebagai media perbandingan bukan mengambil perhitungan dari total jumlah kamar yang ada di hotel tersebut. Karena tak jarang di hotel Anda akan mendapati beberapa kamar dalam kondisi rusak ataupun dalam proses perbaikan. Bisa juga disebabkan karena beberapa alasan teknis semacamnya.

Strategi Meningkatkan Occupancy Hotel

Sama halnya dengan bisnis – bisnis lainnya, para pelaku bisnis hotel ini pun perlu menggunakan beberapa strategi yang tepat untuk dapat merauk untung secara maksimal. Karena saat ini sudah ada cukup banyak platform bisnis yang memberikan kemudahan untuk mempromosikan produk dan jasa yang disediakan oleh para pelaku bisnis. Untuk Anda yang masih belum begitu familiar dengan platform digital marketing dan berniat untuk memulai bisnis ini, berikut ini adalah strategi yang dapat Anda gunakan:

Unggahan Video Produk & Jasa di Internet

Media promosi yang cukup menjamin untuk mengenalkan produk dan jasa Anda adalah video yang diunggah di internet. Karena luasnya cakupan internet ini, maka akan lebih memungkinkan untuk mencapai berbagai daerah dan orang melalui media internet ini. Pun dalam proses pengunggahannya sendiri Anda perlu memperhatikan banyak hal, seperti judul konten sampai dengan cara upload yang tepat. Sehingga, Anda tidak hanya sekedar mengunggah video ke internet saja. Namun Anda juga perlu menargetkan video Ana tersebut dapat sampai pada pencarian halaman satu. Dengan demikian, maka produk dan jasa Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

Buat Konten Menarik

Tidak dipungkiri bahwa dalam pemasaran produk ataupun jasa, Anda perlu menyiapkan konten yang menarik guna menarik setiap pengunjung. Anda dapat menyampaikan konten tersebut sesuai dengan berbagai fasilitas dan detail produk. Bukan hanya konten, namun penyampaian isi dan pembahasaan isi akan memberi pengaruh pada keberminatan pelanggan pada suatu produk tertentu.

Anda pun dapat mengemas konten yang tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya artikel, pamflet, foto dan lain sebagainya. Penyampaian konten tidak hanya dibatasi pada satu jenis bentuk konten saja, Anda bahkan dapat menggunakan berbagai media lain untuk mendukung penyampaian konten yang sudah Anda siapkan.

Tambahkan Micro Content

Micro content adalah jenis konten yang dimuat dalam jangka waktu yang pendek. Durasi waktu yang diberikan ini biasanya cukup singkat untuk ditonton dan dibaca. Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi media yang ada, misalnya stories. Dengan menggunakan salah satu fitur ini, maka Anda dapat membuat konten khusus untuk mengeskpos beberapa sudut hotel. Misalnya bangunan, bentuk interior sampai dengan fasilitas kamar yang terseda.

Konten semacam ini dapat Anda manfaatkan untuk menunjukkan detail fasilitas yang Anda miliki kepada pelanggan. Dengan mengambil fokus pada faslitas tertentu, maka Anda akan lebih mudah dan fokus mengenalkan hotel Anda.

Manfaatkan Email Marketing

Meskipun email marketing ini merupakan salah satu strategi yang sudah sejak lama digunakan oleh hampir semua pelaku bisnis, namun eksistensinya tidak pernah erkurang dari waktu ke waktu. Anda akan memperoleh beberapa keuntungan dengan mengguankan email marketing ini. Misalnya seperti mencantumkan link ke websie resmi. Hal ini akan lebih memudahkan konsumen untuk mengakses setiap layanan yang Anda tawarkan.

Anda juga dapat melakukan komunikasi dengan pelanggan Anda dengan cara yang lebih formal, karena Anda dapat menambahkan body email dengan tambahan nama pelanggan Anda pada title email Anda. Tentu dengan menggunakan cara ini, maka Anda akan lebih menunjukkan profesionalisme dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Manfaatkan Mobile Marketing dan Memaksimalkan Media Sosial Hotel

Mobile marketing adalah salah satu media pemasaran yang sifatnya multi – channel. Karena saat ini perkembangan teknologi sudah cukup banyak ditemui dihampir setiap aspek kehidupan, maka Anda dapat dengan lebih mudah meningkatkan occupancy hotel Anda dengan cara yang lebih cepat pula. Karena, umumnya banyak orang yang sudah akrab dengan penggunaan jejaring sosial melalui ponsel seluler Anda. Tentu strategi semacam ini dapat memudahkan banyak konsumen untuk membeli dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis.

Coba Geo Marketing

Geo marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan data geografis yang memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Caranya aalah dengan memanfaatkan search engine dan juga fitur pada berbagai media sosial yang ada. Karena biasanya data geografis ini dapat diperoleh dalam waktu yang cukup singkat, maka Anda pun akan lebih mudah untuk memaksimalkan target secara efisien.

Bagi anda yang tertarik untuk meningkatkan occupancy hotel dengan digital marketing yang disediakan oleh Jogja Digital Clinic bisa menghubungi kami di nomor 087839548472.