Workshop Digital Marketing

Workshop digital marketing – Workshop digital marketing memberikan wadah bagi anda untuk mempersiapkan strategi pasar yang harus anda jalankan dan pastinya dengan ide-ide yang menarik. Sebagai pemilik usaha pastinya anda tidak mau ketinggalan tren pemasaran  tahun ini. Dengan begitu mengikuti workshop digital marketing merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan bisnis anda. Kota kota besar yang terkenal dengan penyedia jasa workshop sendiri yaitu jogja, jakarta, bali, surabaya, bandung dan bekasi.

workshop digital marketing

Apa itu Digital Marketing  

Mudahnya digital marketing dapat diartikan sebagai pemasaran yang dilakukan oleh media online dalam memasarkan produk. tahun 2018 merupakan tahun awal dimana sosial media booming digunakan sebagai pemasaran secara online.  Namun seiring dengan kemajuan teknologi, anda harus mengetahui strategi yang harus anda siapkan di tahun 2019. Jika anda sudah menyiapkan langkah-langkah tersebut, apakah sudah berhasil? Atau belum sesuai dengan ekspektasi anda? jangan menyerah dulu jika anda belum mencapai itu semua. Mengikuti workshop digital marketing adalah jawaban dari semua permasalahan tersebut.

.

Konsep Digital Marketing

Digital marketing sendiri sesuai dengan namanya pastilah berkaitan dengan pemasaran melalui media online atau internet. Namun penerapan digital marketing tidak semudah yang anda bayangkan. Berikut adalah konsep digital marketing yang harus anda ketahui untuk memajukan bisnis anda.

  1. Belajar Mengenai SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan suatu konsep digital marketing yang bisa Anda jalankan sekarang ini. SEO merupakan strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan dengan umur jangka panjang dan proses yang cukup panjang pula. Tetapi, tidak perlu khawatir untuk harga yang harus Anda bayarkan tidak begitu mahal dibanding dengan strategi digital marketing lainnya. Saat ini, memiliki konten penulisan yang bagus adalah strategi pemasaran online yang masih digunakan oleh para praktisi digital marketing, walau terkesan sudah kuno namun ini dinilai masih efektif. Berikut ini beberapa dasar yang perlu diperhatikan dalam menjalankan SEO, yaitu

  • Harus memiliki Heading (H1) dengan teks yang relevan
  • Memiliki Alt pada gambar, dimana isinya deskripsi pada gambar
  • Deskripsi teks untuk Link (contoh ‘klik disini’ atau ‘info selanjutnya’)
  • Memiliki deskripsi Meta untuk menggambarkan konten Anda, umum maksimal 160 karakter.
  • Memiliki panjang judul maksimal 80 karakter.
  1. Mengoptimasi Konten Web Agar Mudah Dibaca

Anda harus bisa membedakan bagaimana menyajikan suatu konten di media online dan media cetak, karena tentu hal tersebut akan sangat berbeda. Untuk media online orang-orang akan lebih suka membaca atau melihat konten yang singkat dan tidak muluk-muluk, hingga memberi informasi yang menarik dan bermanfaat untuk mereka. Tanpa adanya unsur-unsur petunjuk pada konten yang Anda sajikan, pengunjung pada blog atau website Anda akan merasa bosan dan dengan segera meninggalkan website Anda tanpa ragu.

Pastikan Anda menyediakan juga gambar-gambar yang menarik, agar konten tidak terlihat membosankan, selain itu jangan juga lupa untuk menambahkan tag H1 di setiap topiknya. Sehingga pembaca Anda pun bisa melihat poin-poin penting yang Anda sajikan.

  1. Menggunakan Sosial Media Berbayar

Menggunakan sosial media yang gratis memang bisa memberikan Anda pengunjung yang potensial ke website, karena memang hal ini terkesan lebih mudah. Namun, untuk jangkauan yang akan Anda peroleh akan tidak luas, Anda hanya bisa membagikan konten kepada pengikut atau teman saja, jadi Anda tidak bisa menarik pengunjung baru ke website. Dengan menggunakan iklan jangkauan Anda akan lebih luas dan bisa memperoleh pengunjung terbaru Anda. Berikut ini beberapa konsep digital marketing untuk sosial media, yaitu:

  • Memiliki rencana untuk mencapai tujuan

Sebelum menggunakan iklan sosial media ada baiknya menyusun rencana Anda untuk mendapatkan tujuan. Seperti target pelanggan dan anggaran yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan tujuan tersebut. Sehingga, saat menjalankan iklan Anda tinggal menjalankan konsep saja.

  • Berinteraksi dengan kelompok yang sudah ditargetkan

Anda memang perlu memiliki target pengunjung yang lebih luas. Namun, Anda harus memiliki satu kelompok dan berinteraksi dengan mereka. Berinteraksi dengan satu kelompok atau komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda di sosial media, bisa mendatangkan pengunjung potensial.

  • Cobalah untuk berbeda

Dalam menjalankan strategi pemasaran online Anda, cobalah untuk berbeda atau unik. Agar orang-orang tertarik, dikarenakan Anda tidak terkesan pasaran.

  • Perhatikan prospek kerja

Ketika Anda sudah selesai menyelesaikan setiap strategi, kami menyarankan agar Anda memperhatikan prospek kerja Anda, apakah sudah berhasil atau tidak.

  1.      Menggunakan Iklan Berbayar Per-klik

Konsep digital marketing selanjutnya yang bisa dijalankan adalah menggunakan iklan bayar per-klik. Facebook dan Google adalah platform yang menyediakan fitur ini kepada penggunanya. Tujuannya tentu agar bisnis yang dijalankan oleh penggunanya berjalan dengan baik. Keuntungan dari iklan ini adalah harganya yang terjangkau, jadi Anda hanya perlu membayar yang berhasil saja. Setiap klik yang dilakukan oleh pengujung itulah yang harus Anda bayarkan. Pastinya, iklan Anda akan dibuat sesuai dengan keyword yang menjadi target. Jadi, pengunjung yang datang ke website Anda adalah pengunjung yang sangat potensial.

  1.      Menyusun Strategi Pemasaran Online Setiap Saluran

Pada konsep digital marketing menggunakan sosial media, kita sudah membahas untuk menyusun strategi pemasaran online untuk jalankan bisnis. Sekarang konsep ini lebih luas yaitu menyusun strategi digital marketing pada setiap saluran yang Anda gunakan. Baik itu menggunakan SEO, media sosial marketing berbayar, iklan berbayar atau hal lainnya. Karena menyusun strategi pemasaran sejak sekarang dan memiliki konsep yang baik akan membantu Anda meraih tujuan dengan cepat dan secara sistematis. Sehingga, Anda tidak berjalan dalam kegelapan, dalam mencapai tujuan.

 workshop digital marketing terbaik

Jenis Digital Marketing

  1.    The Data Whiz

Untuk jenis digital marketing yang pertama adalah mereka yang memang menyukai tentang bagaimana menganalisis dan mengolah data dari sebuah kegiatan promosi melalui media digital. Mereka juga menganalisa setiap data yang didapatkan ketika mereka mengirimkan sebuah email penawaran kepada pelanggan. 43% dari mereka melakukan pengujian terhadap siapa saja yang melakukan call to action terhadap email yang dikirim. 50% dari jenis digital marketing ini akan menganalisa untuk waktu pengiriman email marketing. Dan sekitar 97% akan menganalisa dan menguji tentang subject email yang benar – benar menarik perhatian pembaca.

  1.      The E-artiste

Untuk jenis yang kedua adalah mereka yang suka mendesain bagaimana sebuah tampilan digital marketing mampu menjadi daya tarik bagi siapapun yang melihatnya. Mereka lebih menyukai mendesain sebuah tampilan konten yang akan dimuat di sosial media. Mereka juga akan menguji berapa banyak yang menyukai konten visual ketimbang hanya sebuah tulisan. Untuk saat ini memang konten visual menjadi daya tarik yang cukup besar untuk proses promosi di media apapun. Masyarakat lebih menyukai sebuah informasi yang disajikan dengan singkat, padat, jelas dan juga menarik.

  1.      The Social Media Master

Dan yang satu ini adalah jenis untuk mereka yang terus melihat dan mengamati perkembangan sosial media. Mereka akan terus menganalisa apakah satu sosial media memiliki sebuah bug yang nantinya akan berpengaruh terhadap penggunaannya. Karena sosial media menjadi satu tempat untuk promosi bisnis yang mudah digunakan, sehingga akan banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi bisnis. Lebih dari hampir 90% dari pengguna sosial media akan membagikan konten yang mereka sukai kepada orang lain. Ini akan menjadi peluang bagi sebuah bisnis yang menggunakan sosial media untuk promosi. Konten yang dibuat haruslah menarik sehingga mampu membuat pengguna sosial media tertarik dan membagikannya.

  1.      The Beta Taster

Untuk jenis digital marketing yang satu ini mereka lebih menyukai sosial media apapun yang masih dalam versi beta. Mereka terobsesi dengan segala kegiatan digital marketing yang baru. Mereka mendapatkan data tentang penggunaan perangkat dalam kegiatan digital marketing mereka. 1 dari 5 orang dewasa menggunakan lebih dari 4 perangkat untuk bersosial media perminggunya, ini dilakukan untuk memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan digital marketing.

  1.      The Marketing Megaphone

Jenis digital marketing yang satu ini lebih menyukai menggunakan sosial media Twitter. Mereka akan menggunakan simbol – simbol ataupun hashtag untuk memperjelas maksud dari kegiatan marketing mereka. Mereka juga menganalisa berapa banyak yang tertarik dengan sebuah konten yang menggunakan simbol dengan menggunakan hashtag. Sekitar 15% dari pengguna Twitter akan menyukai konten yang menggunakan simbol – simbol, sedangkan 4.8% lainnya menyukai konten yang ditambahkan sebuah hashtag didalamnya. Mereka juga menemukan jika sebuah email marketing dengan ucapan terimakasih untuk ikut bergabung dalam milis pelanggan memiliki target respon sebesar 15x lebih besar dari lainnya.

  1.      The Old School Advertiser

Jika dari Anda pernah mengenal, mengetahui atau menggunakan sosial media “MySpace”, itulah sosial media yang juga menjadi favorit dari jenis digital marketing ini. Bukan tidak baik untuk digunakan saat ini. Sekalipun sudah menjadi sosial media yang lama tapi ternyata MySpace masih digunakan oleh beberapa orang untuk melakukan digital marketing. 1 dari 4 pemasaran digital juga masih menjaga kegiatan promosi secara offline di samping terus mengembangkan proses digital marketing online mereka.

  1.      The Snarky Marketer

Dan untuk jenis digital marketing yang terakhir ini adalah mereka yang selalu tahu apa yang dilakukan oleh timnya benar atau salah. Sosial media favorit mereka adalah blog pribadi mereka sendiri. Mereka akan mengutamakan proses analisa dan kontrol untuk setiap proses marketing digital yang dilakukan. Mereka juga menyarankan agar para marketers memanfaatkan digital multi channel.

Pentingnya Belajar Digital Marketing

seiring dengan perkembangan digital yang mengharuskan kita untuk tidak acuh agar tidak tertinggal dengan tren yang ada. Namun dengan perkembangan teknologi harus anda imbangi dengan pengetahuan agar anda sendiri tidak terjebak dengan segala kemajuan yang ada. Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu mempelajari ilmu digital marketing. dunia digital marketing tidak hanya berfokus pada penawaran produk yang kamu lakukan di media-media sosial saat ini. Namun ada hal yang lebih kompleks mengenai digital marketing itu sendiri. Adapun keuntungan lain saat anda mempelajari digital marketing yaitu :

  1.  Membantu Mempromosikan Barang/produk Jasa Secara Luas

Jika dulu kita menawarkan produk harus secara konvensional, dengan menggunakan internet marketing akan membantu anda dalam mempromosikan tanpa harus mengeluarkan tegana dengan besar

  1. Kinerja Yang Mudah

Melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan pemasaran melalui media cetak dan elektronik. Anda bisa melakukannya dan mengontrolnya kapan saja dan di mana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu.

  1. Penghematan Biaya

Dengan bermodal alamat email, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

  1. Tepat Sasaran

Pada saat pemasangan iklan, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas tapi tepat sasaran.

  1. Fleksibel

Di dalam dunia digital marketing, ada beberapa cara strategi yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran online. beberapa cara yang dilakukan antara lain adalah

  • Content Marketing,
  • SEO (Search Engine Optimization),
  • Paid Search Marketing,
  • Big Data Analytic,
  • Marketing Automation,
  • Mobile Marketing,
  • Social Media Marketing,
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.
  1. Membantu Riset Pasar

Teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website Anda, mengetahui sumber lalu lintas website Anda, mengetahui kata kunci yang banyak dicari, dan lain-lain. Data tersebut akan membantu Anda untuk melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Workshop Digital Marketing di Jogja Digital Clinic

Jogja digital clinic merupakan agensi digital marketing yang tidak hanya melayani jasa digital marketing namun juga menyediakan workshop serta pelatihan untuk para pebisnis ataupun pemuda yang ingin mempelajari ilmu digital marketing. Jogja digital clinic telah dipercaya oleh beberapa sekolah tinggi untuk membagikan ilmu. Narasumber yang dipunyai oleh jogja digital clinic tidak hanya mempunyai pengetahuan secara lisan, namun terjun langsung mengatasi permasalahan digital marketing sehingga ilmu yang anda dapatkan tidak hanya secara teori saja namun juga prakteknya.  

workshop digital marketing jdc

Bagi anda yang membutuhkan jasa workshop digital marketing anda dapat menghubungi admin kami di 087839548472

 

Butuh  Workshop Digital Marketing??

Bingung Mencari Workshop Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★